MITIGASI BENCANA : tanggap, Tangkas, Tangguh Menghadapi Bencana


Mitigasi bencana menjadi suatu hal yang fundamental bagi individu maupun kelompok masyarakat. Mitigasi bencana merupakan berbagai langkah dalam upaya mengurangi dampak bencana, baik lewat pembangunan secara fisik maupim penyadaran dan peningkatan kemampuan manusia dalam menghadapi ancaman bencana. Mitigasi bencana melibatkan berbagai pihak, baik itu individu, masyarakat, kelompok sosial, pemerintan dan lembaga-lembaga lainnya.
Sesuai dengan tujuan utama mitigasi bencana yakni mengurangi dan meniadakan korban maupun kerugian materil yang akan muncul. Dari hal ini, pembahasan ini harus difokuskan pada tahap sebelum terjadinya suatu bencana, yaitu kegiatan peredaman atau penjinakan yang dikenal dengan istilah mitigasi. Mitigasi sejatinya memiliki prinsip yang harus dilaksanakan dalam semua jenis bencana, baik dalam bencana yang diakibatkan dari faktor alam (natural disaster) maupun bencana yang diakibatkan dari faktor tindakan manusia (man-made disaster). Adapun beberapa unsur penting dalam mitigasi bencana yaitu: penilaian bahaya (hazard assessment), peringatan (warning), persiapan (preparedness).
Buku ini menyajikan berbagai bentuk mitigasi bencana dalam berbagai tindakan guna mengurangi resiko bencana dari bencana dari faktor alam maupun faktor manusia. Bentuk tindakan yang dilakukan dapat berupa tindakan pra bencana, saat bencana, dan pasca bencana .Buku ini adalah pesan cinta bagi seluruh manusia sebagai bentuk referensi pengetahuan guna menghindari dan mengurangi resiko dari bencana.


 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

HUKUM TATA NEGARA

Tremas ; Makkah Nusantara