Jurnalistik 4.0: Mengarungi Gelombang Revolusi Media


 

Judul

:

Jurnalistik 4.0: Mengarungi Gelombang Revolusi Media

ISBN

:

 

Penulis

:

Dr. Agoes Hendriyanto, S.P., M.Pd

Penyunting

:

Muhammad Rafid Musyaffa’, S.T

halaman

:

108

Ukuran kertas

:

Unesco

Harga

:

45.000

Penerbit

:

CV. Nata Karya

Sinopsis

:

Buku ini menyajikan panduan komprehensif dalam memahami dunia jurnalistik dengan membahas berbagai aspek inti dari profesi ini. Berikut adalah ringkasan isi buku:

Hakikat jurnalisme dan jenis berita, yang menjelaskan prinsip dasar jurnalistik sebagai profesi penyampai informasi, menganalisis berbagai jenis berita yang melibatkan keberagaman isu dan gaya penulisan.

Aspek Berita: diharapkan bisa memberikan gambaran tentang konsep dasar berita; membahas berbagai jenis berita seperti hard news, soft news, human interest, dsb; mendetailkan teknik penulisan lead yang efektif; menyoroti pentingnya fakta dalam penyampaian informasi; dan menekankan aspek objektivitas dalam pemberitaan.

Kode etik jurnalistik diharapkan pembaca bisa menjelaskan prinsip keseimbangan dalam penyajian berita, mengajarkan tentang inklusivitas dalam penyampaian informasi, dan membahas nilai-nilai etika yang harus dipegang teguh oleh wartawan.

Buku ini juga membahas esensi kompetensi wartawan, termasuk ilmu dan teknologi jurnalistik serta manajemen. Selain itu juga; menyelidiki karakteristik khusus jurnalisme dalam lingkungan online, mendiskusikan etika yang berlaku terutama dalam domain digital, dan membahas manfaat dan keunggulan dari platform jurnalisme online.

Buku juga memperkenalkan konsep dan karakteristik dari feature berita serta memberikan panduan praktis untuk mengembangkan berita feature yang kuat.

Penulis juga membahas media dalam komunikasi politik; media dan demokrasi; pembingkaian berita; media di era post-modernisme.  Penulis juga mencoba memberikan penjelasan tentang peran media dalam dinamika politik dan demokrasi.

Analisis mengenai proses pembingkaian berita dan peran media di era post-modernisme. Buku ini juga penulis menampilkan contoh penelitian terdahulu dengan objek media sebagai referensi bagi pembaca.

 

Buku ini diharapkan menjadi panduan utama bagi mereka yang tertarik mendalami teori jurnalistik, memberikan wawasan berharga dalam memahami dinamika dunia jurnalistik, terutama di era media online dan post-modernisme.

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

HUKUM TATA NEGARA

Tremas ; Makkah Nusantara